Cara Membentuk Tim dan Tugas Auditor
Dalam suatu proses internal audit, disarankan untik tim yang mengaudit suatu proses, tidak lebih dari 2 orang. jika demikian, maka salah satunya perlu untuk ditunjuk sebagai seorang lead auditor/team leader.
Tugas Lead Auditor:
- Konsultasi dengan auditee, jika perlu dalam menentukan kriteria dan lingkup audit;
- Memperoleh informasi latar belakang terkait yang diperlukan untuk memenuhi tujuan audit seperti rincian kegiatan, produk, jasa, lapangan/syarat dan lingkungan sekelilingnya dari obyek audit dan rincian audit sebelumnya;
- Membentuk team audit dengan memberikan pertimbangan pada benturan kepentingan yang potensial dan memperoleh persetujuan mengenai komposisinya dengan klien;
- Mengarahkan kegiatan team audit sesuai dengan ketentuan pedoman ISO
- Menyiapkan rencana audit dengan konsultasi sebagaimana mestinya dengan auditee dan anggota team audit;
- Mengkomunikasikan rencana audit final kepada team audit dan auditee;
- Mengkoordinasikan persiapan dokumen kerja dan prosedur terinci serta breafing dengan team audit;
- Mencari jalan untuk memecahkan masalah apapun yang timbul selama audit;
- Mengakui ketika tujuan audit menjadi tak dapat tercapai dan melaporkan alasan-alasanya kepada auditee dan MR
- Mewakili team audit dalam membahas dengan audite, sebelum, selama dan setelah audit;
- Memberitahukan kepada auditee tanpa penangguhan mengenai temuan-temuan audit dari ketidaksesuaian yang penting;
- Laporan kepada auditee mengenai audit secara jelas dan konkuslif dalam jangka waktu yang telah disepakati dalam rencana audit; dan
- Membuat rekomendasi untuk peningkatan sistem manajemen, apabila disetujui dalam lingkup audit tersebut.
Tugas Auditor:
- Memenuhi pengarahan dan dukungan dari Lead auditor;
- Perencanaan dan pelaksanaan tugas yang telah ditugasi secara obyektif, efektif dan efisien dalam lingkup audit tersebut;
- Mengumpulkan dan menganalisis bukti audit yang terkait dan memadai guna menemukan temuan audit dan mencapai kesimpulan audit berkenaan dengan sistem manajemen;
- Menyiapkan dokumen kerja dibawah pengarahan Lead auditor;
- Mendokumentasikan temuan audit individual;
- Menjaga dokumen berkenaan dengan audit dan mengembalikan dokumen sebagaimana diperlukan; dan
- Membantu dalam penulisan laporan audit.
Posting Komentar